Apa itu Foto Konseptual?


sumber: eyeem

Dalam foto konseptual kita memahami bahwa ruang ekspresi fotografi sangat luas dan beragam. Karena fotografi adalah komunikasi non-verbal, proses penyampaian pesan bisa diterjemahkan kedalam bentuk ekspresi, tanda dan symbol.

Foto konseptual bukan sebuah aliran fotografi, tapi bagaimana pendekatan fotografi yang dilakukan dengan sebuah konsep tertentu. Konsep tersebut bisa didapat dari sebuah riset, baik sederhana maupun rumit yang kemudian diejawantahkan secara kreatif dalam sebuah foto.
sumber: google

Foto konseptual memberi ruang kepada yang melihat untuk menginterpretasikan makna dibalik sebuah foto. Karena sebuah foto yang baik tidak hanya bagus secara fotografis, tetapi pesan yang dimaksud sampai kepada pembaca/yang melihat dalam waktu yang singkat.
sumber: google

Foto konseptual bukanlah bagian dari foto jurnalistik, ia adalah bentuk lain dari komunikasi visual yang di kemas secara kreatif dan manarik. Karena salah satu rumusan foto jurnalistik bersifat faktual maka  rekayasa adegan tertentu adalah haram hukumnya. Namun untuk foto konseptual ruang ekspresi adalah sebuag keniscayaan sehingga ada bentuk lain dalam fotografi yang dapat di siasati. 


Bagaimana membuat foto konseptual?

Sebelum membuat foto konseptual, dan merumuskan ide. Tak ada salahnya mempertanyakan kembali, pesan apa yang ingin disampaikan?.Pesan-pesan tersebut bisa berupa anjuran, satire (sindiran) alert (peringatan), kritikan, dan lainnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat foto konseptual.

1.     Persiapan konsep yang matang
Salah kiat sukses dalam membuat foto konseptual adalah persiapan konsep yang bagus. Konsep yang telah di pilih kemudian di diskusikan kembali dengan tim dan dikembangkan untuk didalami kembali apakah foto ini layak atau tidak.

2.     Temukan emosi
Foto yang dibuat hendaklah menarik secara emosional dengan begitu tujuan foto tersebut berhasil. Apakah kebahagiaan, sukacita , kesedihan, keputus-asaan merupakan bagian dari emosi manusia.

3.     Cahaya
Cahaya yang bagus akan membuat foto yang bagus. Pelajari arah cahaya bagaimana cahaya menyinari subjek, karena pencahayaan yang bagus akan menimbulkan taste  dalam sebuah foto.

4.     Teknik memotret
Teknik pemotretan yang bagus, sudut pengambilan gambar dan komposisi adalah mood sebuah foto. Memotret dengan Teknik terbaik akan menjadikan foto konseptual menarik dan memiliki daya ungkit yang kuat.
5.     Properti
Mempersiapkan properti yang berhubungan dengan konsep dan mempunyai symbol tertentu. Seperti alat musik, barang jadul elektronik, kostum tertentu, dan lainnya.

6.     Model
Talent/Model membantu kita untuk menerjemahkan sebuah pesan yang ingin disampaikan. Biasanya pemilihan talent sesuai dengan segmentasi sehingga sasaran yang ingin disampaikan dapat mengenai dan lebih terarah.

Selamat mencoba.

0 komentar